Lamiyah Syaikhul Islam Ibn Taimiyah Rohimahullah VII

May be an image of studying, coffee cup and textBismillah
Lamiyah Syaikhul Islam Ibn Taimiyah rohimahullah VII
Al-Qur’an disisi Ahlussunnah wal Jama’ah


وَأَقُوْلُ فِي الْقُرْآنِ مَا جَاءَتْ بِهِ


“Dan aku berkata tentang Al Qur’an sebagaimana yang diberitakan oleh ayat-ayatnya,

Dalam Majmu’ fatwanya, Syaikhul Islam rohimahullah berkata:


يقالُ كما قال السَّلَفُ: إنَّه كلامُ اللهِ غيرُ مخلوقٍ، منه بدأ وإليه يعودُ


“kami berpendapat dengan pendapatnya para salaf: bahwasanya Al-Qur’an adalah Kalamullah bukanlah makhluk, dari-Nya berasal dan akan kembali kepada-Nya” [Majmu’ Fatwa 12/561]
Dalam Aqidah wasithiyahnya syaikhul Islam berkata :


وعقيدة أهل السنة و الجماعة في القران: يقولون إن القران كلام الله منزل غير مخلوق منه بدأ و إليه يعود


Aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah tentang Al-Qur’an: mereka berkata: sesungguhnya Al-Qur’an adalah kalamullah yang diturunkan bukan makhluk dari-Nya berasal dan akan kembali kepada-Nya [Syarah Aqidah Al Wasithiyah Syaikh Solih Al ‘Utsaimin, 1/427].

Apa yang beliau nyatakan ini merupakan akidah yang denganya para imam-imam salaf meyakininya, sebagaimaan dinyatakan dibawah ini:
Al Imam Adz-Dzahabi rohimahullah menukilkan bahwasanya Ishaq Ibn Rohawaih rohimahullah berkata:


(ليس بين أهلِ العِلمِ اختِلافٌ أنَّ القُرْآنَ كَلامُ اللهِ ليس بمخلوقٍ، فكيف يكونُ شَيءٌ خرج من الرَّبِّ عَزَّ وجَلَّ مخلوقًا؟)


“Tidak ada khilaf dikalangan ahli ilmu bahwasanya Al-Qur’an adalah kalamullah bukan makhluk. Bagaiamana sesuatu yang keluar dari sisi Allah bisa disebut makhluk?” [ Al ‘Uluw hal:179]

Al Imam Al-Lalikai rohimahullah menyebutkan bahwasanya al Imam Abu Hatim dan Abu Zur’ah rohimahummalh berkata:


أدرَكْنا العُلَماءَ في جميعِ الأمصارِ، فكان من مَذهَبِهم أنَّ الإيمانَ قَولٌ وعَمَلٌ يزيدُ ويَنقُصُ، والقُرْآنَ كَلامُ اللهِ غَيرُ مخلوقٍ (رواه اللالكائي في ((شرح أصول اعتقاد أهل السنة والجماعة)) (1/198)، والذهبي في ((العلو)) (ص: 188).


“Kami mendapati para ulama di seluruh negeri, maka diantara pendapat yang mereka yakini bahwasnya iman adalah ucapan dan perbuatan bertambah dan berkurang, dan Al-Qur’an adalah Kalamullah bukan makhluk”
Bahkan para imam berpendapat bahwasanya barangsiapa yang mengatakn Al-Qur’an adalah makhluk maka mereka termasuk orang-orang zindiq, bahkan ada yang menyatakan telah kafir, bahkan diminta untuk bertaubat.

sebagaiamana dinyatakan oleh Syaikhul Islam Ibn Taimiyah rohimahullah:


لمأثورُ عن أحمدَ وهو المأثورُ عن عامَّةِ أئمَّةِ السُّنَّةِ والحديثِ أنَّهم كانوا يقولون: من قال: القُرْآنُ مخلوقٌ، فهو كافِرٌ


Diriwayatkan dari Imam Ahmad dan diriwayatkan pula dari kebanyakan Imam Sunnah dan Ahli hadits bahwasanya mereka berkata : “barangsiapa yang mengatakan Al-Qur’an itu makhluk maka dia telah kafir”
Bahkan beliau juga berkata:


شتَهَر عن أئمَّةِ السَّلَفِ تكفيرُ من قال: القُرْآنُ مخلوقٌ، وأنَّه يستتابُ،


Telah masyhur dikalangan imam salaf tentang kafirnya mereka yang mengatakan : Al-Qur’an adalah makhluq, dan sesungguhnya dia minta untuk bertaubat, [Majmu’ Fatawa : 12/ 486 dan 505].

Berkata Syaikh Bin Baz rohimahullah
:

لذين يقولون: إنَّ القُرْآنَ مخلوقٌ، معناه إنكارُ أنَّه كلامُ اللهِ، وهذا كُفرٌ أكبَرُ،


Adapun yang mengatakan : sesungguhnya Al-Qur’an adalah makhlulk artinya adalah bentuk pengingkaran bahwasanya Al-Qur’an adalah Kalamullah, dan hal ini termasuk kekufuran yang besar” [fatawa Nuurun ‘ala Addarb 1/154]

Menikmati kopi pagi penuh arti, 13 Dzulqo’dah 1445H
KAA غفر الله له ولوالديه

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top